Thursday, June 7, 2012

MAU TES KANKER? PAKAI SMART PHONE AJA

 (Illustration by Thomas Fuchs)

Halo, para pengguna smart phone! Kabar gembira untuk Anda! Kini gadget kesayangan Anda tidak hanya bisa digunakan untuk menelepon, sms, browsing, foto, tetapi juga dapat digunakan untuk mendeteksi kanker. Tak percaya? Simak yang satu ini.

        Para peneliti di Massachusetts General Hospital dan Harvard Medical School telah membuat peralatan praktis yang dapat dipasang pada smart phone. Peralatan tersebut berguna untuk mendeteksi kanker. Yang lebih menakjubkan lagi, hasilnya sudah dapat dilihat dalam waktu 1 jam! Kini Anda tidak perlu lagi menunggu berhari-hari dengan kecemasan untuk mengetahui hasil tes kanker Anda.
        Secara umum, dokter mengambil sampel dari pasien untuk dibiopsi dan sampel dikirim ke lab. Kemudian patolog meletakkan sampel tersebut pada kaca objek dan menganalisisnya menggunakan mikroskop. Proses tersebut sangat menghabiskan waktu dan protein kunci hasil ekspresi sel kanker akan semakin sulit terdeteksi. Akan tetapi, dengan menggunakan alat ini yang terpasang pada smart phone, deteksi kanker digunakan melalui identifikasi protein. Peralatan tersebut hanya membutuhkan secuplik kecil sampel jaringan Anda dan selanjutnya, protein dari jaringan tersebut akan dianalisis. 
        "Kita hanya perlu menginjeksi jaringan apapun dari pasien ke dalam alat tersebut, lalu alat itu akan memberikan kita hasil." jelas Hakho Lee, asisten profesor di Center for System Biology, MGH. Sel-sel kanker biasanya mensekresi protein "penanda" sebagai "warning sign" awal dari kanker. Protein tersebut biasanya muncul dalam jumlah sedikit dan sulit untuk dideteksi. Alat tersebut diprogram untuk mendeteksi protein kunci yang diekspresikan oleh permukaan sel-sel kanker.

        Lee dan rekan-rekannya membuat inovasi menggunakan nanoteknologi untuk mendeteksi berbagai tipe protein kanker.  Mereka mendesain sebuah mikrochip yang berisi nanopartikel magnetik.  Alat tersebut membuat suatu medan magnet yang digunakan untuk menentukan protein yang telah terkunci menjadi nanopartikel. Alat tersebut hanya perlu mendeteksi 4 dari 11 protein yang diekspresikan sel kanker untuk mencapai 96% keakuratan hasil, dan prosesnya? Hanya 1 jam! Lee juga menjelaskan bahwa setelah 1 jam, protein tersebut akan terdegradasi dengan cepat sehingga akan lebih sulit untuk mendeteksi protein tersebut.

Mau tau apa saja sih peralatannya? Ini Dia!

Magnet (kiri) akan menghasilkan medan magnet pada microchip (tengah) yang akan mengidentifikasi protein kunci hasil ekspresi sel kanker. Data lalu dikirimkan ke iPhone (kanan), yang telah dilengkapi perangkat lunak untuk menganalisis hasilnya.



Gimana, nih smart phone users? Makin cinta kan sama smart phone kalian?

Sumber:
http://www.technologyreview.com/news/423158/a-one-hour-cancer-detector/

Wednesday, June 6, 2012

USB CANGGIH UNTUK DNA SEQUENCING

(Gambar: Oxford Nanopore Technologies)

Ini baru namanya USB canggih. Kalau USB pada umumnya digunakan untuk menyimpan data, musik, gambar, dll., yang ini digunakan untuk DNA sequencing! Sekilas mungkin terlihat seperti USB biasa, tetapi gadget kecil ini bisa digunakan untuk men-sekuens DNA ketika dipasangkan pada laptop Anda.


Pada 17 Februari 2012 lalu, Oxford Nanopore United Kingdom resmi meluncurkan gadget canggih tersebut, yang disebut MinION. MinION merupakan perangkat DNA sequencing sekali pakai yang berbentuk USB, praktis, dan harga lebih murah.

Teknologi Nanopore

        Dalam proses DNA sequencing, MinION menggunakan teknologi nanopore. Nanopore adalah molekul organik yang memiliki lubang yang sangat kecil pada bagian tengahnya, sekitar satu nanometer. Molekul tersebut dipasangkan pada sebuah membran di dalam cairan yang berisi ion-ion. Sampel DNA yang diinginkan pun dimasukkan ke cairan tersebut. Ketika membran tersebut terkena listrik, ion-ion mulai bergerak dan mendorong partikel ke pori-pori.
        Ketika suatu molekul masuk ke dalam pori-pori, aliran akan terhambat dengan cara yang berbeda-beda pada masing-masing molekul. Hal tersebut menyebabkan molekul-molekul dapat terdeteksi dan teridentifikasi. Sistem pada MinION dapat mengenal 4 asam amino berbeda yang mengkode gen, yaitu adenin, sitosin, guanin, dan timin, serta 64 kombinasi yang berbeda. Klik untuk melihat video!

Kemampuan MinION


        MinION dapat digunakan untuk membaca genome dari lambda bacteriophage, yang memiliki sekitar 48.500 pasang basa. MinION dapat men-sekuens genome sederhana, seperti genome beberapa virus dan bakteri dalam hitungan detik! Namun, untuk genome yang lebih kompleks, butuh waktu yang lebih lama. MinION juga dapat digunakan untuk mendapatkan hasil sekuen DNA secara cepat dari sel-sel pada biopsi, misalnya untuk mencari kanker atau menentukan gen dari patahan tulang fosil.

Waktu operasional MinION hanya 6 jam, tetapi selama waktu tersebut, MinION dapat membaca lebih dari 150 juta pasang basa. Tentu saja jumlah tersebut masih lebih sedikit dari jumlah pasang basa pada kromosom manusia (sekitar 250 juta pasang basa). Oxford Nanopore juga menciptakan GridION.  Sebuah 20-node GridION dapat men-sekuen genome manusia secara lengkap hanya dalam waktu 15 menit!

Wah, tentu saja ini merupakan kabar gembira di dunia medis dan riset. Anda bisa mendeteksi adanya kanker dalam sel Anda dalam hitungan detik. MinION dijual cukup murah dari pada alat-alat DNA sequencing lainnya.  Dengan $500 atau sekitar Rp. 4.709.000,00 Anda dapat mengantongi gadget canggih tersebut. Tertarik membeli?




Sumber:
http://www.newscientist.com/article/dn21495-usb-stick-can-sequence-dna-in-seconds.html
http://www.nanoporetech.com/news/press-releases/view/39
http://www.wired.co.uk/news/archive/2012-02/20/minion-dna-sequencer

SEHAT DAN LANGSING DENGAN PISANG

        Morning Banana Diet, metode diet yang diperkenalkan oleh Hitoshi Watanabe di Jepang.  Konon, pelaku diet ini dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat dengan cara yang tidak menyiksa. Diet ini hanya dilakukan dengan mengonsumsi pisang dan air putih hangat di pagi hari.  Saat siang dan malam hari, kita boleh makan apapun, ngemil juga diperbolehkan. Namun, hanya satu. Tidak boleh makan di atas jam delapan malam. Selain itu makanan yang berasal dari olahan susu dan alkohol tidak diperbolehkan.  Dessert setelah makan malam tidak boleh, serta makanan manis hanya diperbolehkan siang hari. Tentu saja ini sangat aneh, pelaku diet tidak memerlukan olahraga dalam metode diet ini.
        Pisang memang sering dikonsumsi karena rasanya yang enak dan juga mengenyangkan. Bagi wanita yang sedang diet, pisang hampir selalu tersedia di atas meja makan mereka. Namun, selain sebagai dessert dan menu diet, pisang juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan loh..

Diagram di atas menunjukkan persentase nilai harian yang terkandung dari sebuah pisang, yang baik bagi kesehatan.


Perlindungan Pembuluh Jantung oleh Potasium dan Serat
        Pisang adalah salah satu sumber potasium (ion K), mineral esensial yang berfungsi mempertahankan tekanan darah normal dan fungsi jantung.  Dengan mengonsumsi sebuah pisang per hari dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan melawan atherosclerosis

Pencegahan Luka Lambung
Pisang telah lama dikenal karena efek antasida yang terkandung untuk mencegah ulkus (luka) lambung. Penelitian mengatakan bahwa campuran pisang dan susu dapat menekan sekresi asam lambung. Pisang bekerja mencegah ulkus dengan dua cara:
1.  Senyawa yang terkandung dalam pisang membantu mengaktivasi sel-sel penyusun lambung, sehingga sel-sel lambung akan membentuk sel mukosa pelindung yang lebih tebal untuk melindungi lambung dari asam lambung.
2.  Kandungan lain dalam pisang, yang disebut protease inhibitor, membantu membasmi bakteri lambung yang diduga sebagai penyebab utama dari luka lambung.

Melindungi Mata
Sebuah studi yang diterbitkan di Archives of Ophthalmology mengindikasikan bahwa mengonsumsi 3 buah per hari dapat menurunkan risiko degenerasi penglihatan yang dikenal dengan age-related macular degeneration (ARMD), yang merupakan penyebab utama penurunan daya penglihatan pada usia dewasa.

Mengurangi Risiko Kanker Usus Besar
Pisang sangat kaya akan fructooligosaccharide, yaitu suatu senyawa yang disebut prebiotik. Senyawa tersebut memperkaya bakteri probiotik (bakteri baik) yang ada di usus besar. Bakteri tersebut memproduksi vitamin dan enzim pencernaan yang meningkatkan kemampuan usus menyerap nutrien, serta memproduksi senyawa yang melindungi usus dari mikroorganisme merugikan. Saat fructooligosaccharide difermentasi oleh bakteri probiotik, kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium bertambah. Selain itu, waktu transit gastrointestinal akan berkurang sehingga menurunkan risiko kanker usus besar

So, begitu banyak manfaat dari mengonsumsi sebuah pisang perhari, selain sehat, tubuh pun bisa langsing. Ayo, sediakan pisang di meja makan Anda!

Sumber:
http://www.whfoods.com/genpage.php?tname=foodspice&dbid=7

Tuesday, June 5, 2012

LANGKAH AWAL MEMULAI DIET: KENALI BENTUK TUBUH ANDA!



        Wanita biasanya ingin melakukan diet karena mereka belum puas dengan bentuk tubuhnya. Sebelum memulai diet, baiknya kita mengenal terlebih dahulu bentuk tubuh kita. Dimanakah tempat deposit lemak terbanyak di tubuh kita? Penasaran dengan bentuk tubuh Anda? Coba berdiri di depan cermin besar dan perhatikan tubuh Anda. Perhatikan proporsi bahu, lingkar dada, lingkar pinggul dan pinggang.


• Jam Pasir 

Bentuk tubuh seperti ini merupakan bentuk tubuh idaman, ditandai dengan ukuran lingkar pinggul dan lingkar dada yang sama, serta lekuk pinggang yang ideal.

• Segitiga terbalik
Bentuk tubuh ini juga sering dikenal dengan bentuk "wortel".  Wanita yang memiliki bentuk tubuh ini biasanya memiliki payudara besar, bahu lebar, dan kaki jenjang. Dengan demikian, terlihat bahwa tubuh bagian atas lebih besar dari tubuh bagian bawah.

• Buah pir
Disebut juga dengan tipe segitiga, kebalikan dari bentuk "wortel". Wanita dengan bentuk tubuh buah pir memiliki lingkar dada dan bahu yang sempit, tetapi lingkar pinggul dan bokongnya besar. Pada tipe ini, lekuk pinggang masih tetap dapat terlihat dengan baik.  

• Berlian
Dikenal juga dengan bentuk tubuh apel. Pemilik bentuk tubuh ini cenderung memiliki bahu kecil, kaki jenjang, tetapi pinggang lebar.  Lemak terkonsentrasi pada area perut dan pinggang sehingga lekuk pinggang tidak terlihat dengan jelas.

• Persegi Panjang
Pemilik tubuh persegi panjang biasanya memilik lingkar dada, pinggul, dan pinggang, yang hampir sama. Jika dilihat sepintas dari depan cenderung menampilkan garis rata dari bahu, pinggang, dan pinggul.

        Jadi, sudah tahu bentuk tubuh Anda? Selanjutnya, mari kita susun menu diet dan olahraga kita!


Sumber:
http://headlines.vivanews.com/news/read/298199-kenali-lima-tipe-bentuk-tubuh

6 ALASAN PRIA BERBOHONG PADA WANITA



        Jika seorang pria mengatakan bahwa Anda tampak cantik mengenakan baju yang sedang Anda pakai sekarang, apakah Anda akan percaya?
        Seorang psikolog, Dr. Joyce Brothers mengungkap kebenaran dari apa yang pria katakan, dan apa yang benar-benar mereka pikirkan di dalam hati.

        Kejujuran merupakan kunci utama dalam sebuah hubungan. Seseorang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk membangun kepercayaan dalam hubungan, tetapi hanya butuh beberapa menit untuk menghancurkan kepercayaan tersebut. Dan, ya! Yang bisa menghancurkan suatu kepercayaan adalah kebohongan.  Sebagian besar wanita mengatakan orang yang berpotensi besar untuk berbohong adalah pria.  Mengapa?

1.  PRIA MEMANDANG KEBOHONGAN SEBAGAI SESUATU YANG BIASA DILAKUKAN

        Terkadang pria memandang bahwa kebohongan bukan merupakan sesuatu yang salah. Terbukti bahwa pria yang melakukan kebohongan tidak sadar kurangnya kepercayaan dapat merusak hubungan percintaan.  Pria yang suka berbohong akan terus berbohong karena dengan berbohong seakan ia telah terlepas dari masalah.

2.  PRIA BERPIKIR BAHWA DAMPAK DARI BERBOHONG TIDAK BEGITU PENTING

        Mungkin bagi pria, berbohong merupakan kegiatan yang dilakukan untuk bersenang-senang.  Mereka tidak berpikir bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi karena kebohongan mereka.  Mereka merasa melakukan kebohongan adalah bagian dari kebebasan dalam berbuat dan berkata sesuka mereka kapan pun mereka inginkan.

3.  PRIA BERBOHONG KARENA MERASA WANITA TIDAK AKAN MEMAHAMI

        Mungkin ini adalah alasan terbesar mengapa pria berbohong.  Pria takut jika mereka mengatakan hal yang sebenarnya, wanita akan mengevaluasi dari sudut pandangnya sendiri dan tidak mempertimbangkan dari sisi pria tersebut.  Pria akan memilih melakukan "little white lie" dari pada ia harus menghadapi situasi seperti tadi dan menghadapi serangkaian emosi yang tidak ia inginkan dari si wanita.
   
4.  PRIA BERPIKIR WANITA TIDAK MAMPU MENGHADAPI KENYATAAN

        Sebelum pria berbohong, mereka berpikir bahwa wanita tidak dapat mengelola rasa sedihnya begitu ia mengetahui kenyataan yang sebenarnya.  

5.  DENGAN BERBOHONG, SEMUA AKAN BAIK-BAIK SAJA

        Pria cenderung berbohong untuk menghindari konfrontasi.  Pria berpikir bahwa mungkin semuanya akan berubah di masa depan, dan hal itu nantinya tidak akan menjadi masalah bagi si wanita.  Bagaimana pun juga, berbohong adalah cara egois untuk melindungi si pembohong tanpa mempertimbangkan orang lain.

6.  KENYATAAN SEBENARNYA JAUH DARI YANG DIHARAPKAN

        Dalam rangka ingin mengesankan wanita idamannya, pria suka melebih-lebihkan atau menyembunyikan fakta. Mungkin karena kebenarannya, menurut mereka, tidak mampu menarik perhatian wanita.  Misalnya, ketika semua orang mengatakan Anda gemuk, tapi pria itu mengatakan hal sebaliknya.  Bagi pria itu, kebohongan seperti itu bisa menyelamatkan segalanya.  Sekali pria berbohong, pria akan terus melanjutkan kebohongan itu sampai akhirnya terkuak.


       Well, memang tidak semua pria berbohong, masih ada pria jujur di dunia ini. Jadi, jangan me-generalisasi bahwa semua pria seperti yang di atas.  For Girls, ini bisa jadi bahan evaluasi juga bagi kita, bagaimana caranya agar pasangan tidak berpikir bahwa kita tidak mampu menerima kenyataan dan hanya menilai masalah dari sudut pandang kita sendiri.  Buatlah pasangan Anda nyaman mengatakan hal yang sebenarnya kepada Anda sehingga ia tak perlu lagi harus berbohong.

"Kebohongan dapat merusak kepercayaan yang telah terbina dalam hubungan. Dan hilangnya kepercayaan dalam hubungan dapat menjadi alasan pertama rusaknya suatu hubungan.  Anda dan pasangan harus menjadikan kepercayaan sebagai fondasi dari hubungan."


Sumber:
http://www.womanarticles.net/romance-and-dating/410/the-various-reasons-why-men-lie-to-women/

Monday, June 4, 2012

PRIA VS WANITA: Perbedaan Persepsi Indera (Part.2)



Di postingan sebelumnya, kita sedang membahas tentang faktor-faktor yang menjadikan wanita menjadi makhluk perasa dibandingkan pria.  Mari kita lanjutkan..

Wanita dan "Indera Keenam"

        Tahun 1987, sebuah percobaan dilakukan untuk menyoroti kemampuan wanita membaca bahasa tubuh bayi.  Percobaan dilakukan dengan memutar video yang berisi bayi-bayi menangis di depan para ibu, tetapi suara tangisannya dihilangkan sehingga para ibu hanya bisa melihat gerakan bayi-bayi tersebut.
        Para ibu umumnya dengan cepat dapat mengenali perasaan bayi tersebut, yaitu antara lapar, kesakitan, letih, atau kurang udara. Namun, ketika para ayah menjalani pengujian yang sama, keberhasilan mereka sangat memprihatinkan--kurang dari 10% dari para ayah yang dapat menerka dengan benar keadaan para bayi.

Pria Tidak Mampu Berbohong pada Wanita

        Dalam percakapan tatap muka, tanda-tanda non lisan memengaruhi 60-80% dampak komunikasi tersebut, sementara suara hanya menghasilkan 20-30% saja.  Indera istimewa seorang wanita menerima daa menganalisis informasi tersebut sehingga membuat wanita lebih ahli dalam menggabungkan dan mengolah informasi lisan, visual, dan tanda lainnya.
        Itulah sebabnya mengapa pria umumnya sulit untuk berbohong pada wanita secara tatap muka.  Sebaliknya, bagi wanita, mudah saja berbohong pada pria walau dilakukan secara tatap muka.  Pria tidak memiliki kepekaan untuk mengenali keganjilan antara lisan dan non lisan.  Kebanyakan pria lebih mudah berbohong pada wanita jika melalui telpon atau sms.
       Boys, sekali lagi, tak ada gunanya kalian membohongi wanita. Wanita punya "indera keenam" yang kuat untuk mendeteksi kebohongan, terutama kebohongan pasangannya.

Wanita Adalah Makhluk Perasa

        Sejak lahir, anak wanita akan lebih peka dengan sentuhan.  Setelah dewasa pun kulit wanita 10x lebih peka dari kulit pria.  Penelitian menunjukkan bahwa anak laki-laki yang paling perasa pun ternyata masih kurang peka dibanding anak wanita yang paling tidak peka.  Wanita cenderung ingin menyentuh dan disentuh, tetapi wanita membenci orang yang sentuhannya tergolong mengganggu sekali.


Sumber:
Pease, A & B. Pease. 2008. Why men don't listen and women can't read maps. Ufuk Press, Jakarta: xv + 405 hlm.

Sunday, June 3, 2012

PRIA VS WANITA: Perbedaan Persepsi Indera (Part.1)


Seperti yang kita ketahui, bahwa pria cenderung menggunakan logikanya, sedangkan wanita cenderung menggunakan emosi dan perasaan.  Pria dan wanita memiliki panca indera yang sama, tetapi tahukah Anda bahwa persepsi tersebut dapat berbeda-beda?
Yuk, kita telisik, Apa saja sih yang menjadi perbedaan persepsi indera antara pria dan wanita?

Wanita sebagai Radar Pendeteksi

        Seorang wanita dapat mengetahui dengan jelas saat seseorang sedang marah atau terluka hatinya, sedangkan pria biasanya membutuhkan fakta fisik, seperti air mata atau luapan kemarahan.  Mengapa? Wanita memiliki "instuisi wanita" yang merupakan sebuah kemampuan mereka untuk melihat hal-hal kecil dan perubahan dari penampilan atau perilaku orang lain.
        Seorang ahli neuropsikologi dari Universitas Pennsylvania meneliti bahwa dalam keadaan istirahat, 70% dari kegiatan elektrik otak pria cenderung berhenti, sementara pada otak wanita, 90% kegiatan elektrik hampir sama pada saat istirahat maupun tidak beristirahat.  Hal itu menyebabkan otak wanita terus menerus menerima informasi dari sekitarnya.  So, Girls.. Tahu kan sekarang, kenapa pria suka nggak peka?

Ketajaman Mata

        Pada bagian belakang retina mata, terdapat 130 juta sel fotoreseptor yang berbentuk batang, yang berfungsi menangkap warna hitam dan putih.  Selain itu, ada juga 7 juta sel fotoreseptor yang berbentuk kerucut, yang berfungsi menangkap warna-warna lain.  Wanita memiliki dua kromosom X, sedangkan pria hanya punya satu, yang menyebabkan sel-sel kerucut wanita lebih banyak dari pria.  hal itu membuat wanita dapat menjelaskan warna dengan lebih rinci.  Seorang pria hanya akan menggunakan warna dasar, merah, biru, hijau, sementara wanita bisa bicara merah maroon, merah bata, biru toska, biru laut, putih tulang, dsb.  So, Girls.. Mungkin ini bisa menjelaskan kenapa wanita cenderung repot kalau memilih baju.

Antara Pria dan "Curi-curi Pandang"

        Girls, ingat-ingat lagi. Pernah nggak kalian memergoki atau sekedar mencurigai pasangan kalian CCP sama cewek cantik yang duduk di depan meja kalian waktu lagi dinner? (CCP bukan berarti selingkuh, kan?) Sekarang, ingat-ingat lagi, pernah nggak kalian dipergoki atau dicurigai sama pasangan waktu lagi CCP sama cowok ganteng yang lewat? Sekarang, dibandingkan, siapa yang lebih sering kepergok?
        Fenomena seperti itu merupakan pengaruh dari perbedaan jangkauan penglihatan pria dan wanita.  Wanita umumnya memiliki jangkauan penglihatan yang melebar, seperti kaca spion (sekitar 180 derajat), sedangkan jangkauan mata pria sempit, seperti terowongan.  Hal ini bisa disebabkan oleh adaptasi.  Pada dasarnya, pria adalah seorang pemburu, ia hanya memerlukan penglihatan yang memungkinkan dirinya membidik hewan buruannya, bahkan menyempitkan lagi pandangannya supaya tidak ada yang mengalihkan perhatiannya dari hewan buruannya.  Sementara wanita, memerlukan pandangan yang melebar untuk mengamankan rumahnya dari hewan buas yang mungkin menyelinap.
        Boys, makanya jangan pernah CCP sama cewek lain di depan pasangan kalian, pasti ketahuan.  Meskipun gitu, Girls, jangan juga sedikit-sedikit kalian curiga kalau pasangan kalian CCP yah.

(bersambung...)


Sumber:
Pease, A & B. Pease. 2008. Why men don't listen and women can't read maps. Ufuk Press, Jakarta: xv + 405 hlm.